Pages

Thursday 6 October 2011

DEEP FRIED CHICKEN ROLL SUSHI





Dulunya aku tuh ga suka sama yang namanya sushi, ga tau mulai kapan aku sukanya. Satu waktu ada kursus singkat untuk ibu2 di Al Jabr sekolah anakku, aku yang memang suka ikut kursus makanan langsung daftar. Ternyata buatnya ga susah susah amat kok. Lalu suatu hari aku diajak suamiku makan di restroran jepang di wilayah dekat gedung BEJ. aku yang biasanya order tempura atau shabu shabu liat dimenu ada yang namanya Deep Fried chicken Roll Sushi. Aku memang pernah dengar dari temanku katanya sushi goreng itu enak sekali, jadi aku pesen deh. Ternyata memang enak sekali ya sushi goreng itu. Nah dari situ aku mulai serius mempelajari cara membuat sushi di internet. Jadilah resep ini salah satu andalanku, malahan anak 2 dan suamiku bilang rasanya lebih enak dari yang beli di restoran.. Jadi maluu...


Deep Fried Chicken Roll Sushi

Bahan:

Utk sushi rice:
2 cup Beras Jepang, aku pakai yang namanya Kokuho
2 1/4 cup air untuk memasak nasi
3 sdm cuka beras (aku beli yang sudah dicampur dengan gula dan garam namanya bumbu sushi Mizkan)

Utk isi:
4 atau 5 lembar Rumput Laut/Nori Sheet ukuran besar
Sepotong dada ayam panggang atau chicken katsu dipotong panjang2
Mayonaise secukupnya
1 bh Ketimun Jepang, dipotong panjang2.

Utk bahan pencelup:
Tepung terigu
1 bh telur, dikocok
Tepung Roti

Cara:
1. Utk nasi, masak nasi di rice cooker dgn cara biasa. setelah matang matikan listrik dan diamkan selama 15 menit. Siapkan pinggan yang sudah dibasahi untuk tempat nasi, tuang nasi dengan cara dilebarkan. Lalu tuang cuka beras, aduk rata. Tutup pinggan dengan lap bersih yang sudah dibasahi.
2. Siapkan Sushi Mat (roll untuk menggulung sushi yang terbuat dari bahan bambu) dengan cara membungkusnya dgn plastic wrap agar memudahkan sewaktu membersihkan saja.
3. Letakkan selembar Nori di atas sushi mat, basahkan sedikit tangan lalu ambil nasi secukupnya dan lebarkan tipis diatas nori, lalu di balik. Letakkan agak ketengah potongan ketimun, mayonaise dan potongan ayam. Ambil ujung sushi mat lalu gulung kedepan samapai terbentuk gulungan dengan sedikit ditekan untuk membentuk gulungan ya sempurna.
4. Potong sushi menggunakan pisau tajam yang sudah dicelupkan ujungnya ke air menjadi 2 bagian, lalu celupkan ke tepung terigu, telur & tepung roti. Goreng di minyak yang sudah dipanaskan sampai berwarna kuning keemasan, tiriskan. potong2 sushi menjadi 4-6 bagian.
5.Hidangkan.... : )

1 comment: